Buletin santri


Segala puji hanya bagi Allah yang  telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Sehingga kita dapat menjalankan aktifitas kita sebagai hambanya.
Shalawat dan salam semoga Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, keturunan dan shohabat beliau.
Allah SWT melalui Rasul-Nya Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita untuk selalu berdo’a kepada-Nya dengan menggunakan nama-nama-Nya yang sungguh indah dan mempunyai berbagai khasiat, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-A’raf ayat 180 ; “ Hanya milik Allah Asmaul chusna, maka berdo’alah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul chusna”
Subhanallah, begitu indah dan agungnya nama-nama Allah dalam Asmaul chusna, maka dari itu kita bersama mengkaji dan mempelajari makna dan apa yang terkandung dalam nama-nama tersebut.
Allah SWT, menganugerahkan kasih saying-Nya disegala zaman, ruang, tempat dan keadaan kepada seluruh makhluk-Nya didalam kehdupan dunia ini. Dia melakukannya tanpa membedakan yang baik dan yang buruk, yang beriman dan kafir, yang muslim dan nonmuslim, yang lemah dan yang kuat, yang meminta dan yang tidak meminta, yang didalam bumi, yang didalam lautan, yang didaratan.
Allah mencurahkan karunia-Nya kepada seluruh makhluk tanpa batas, sebagaimana firman-Nya ;
“ … warohmatiy wasi’at kulla syai-in … ”
…dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu …
(Q.S Al-a’rof).
           
            AR-RAHMAN sebagai mana halnya Allah, adalah nama dari sang pencipta dan tidak dapat di sifatkan kepada yang lain , maka makna ARRAHMAN sendiri mempunyai makna kasih sayang yang berasal dari rasa iba,prihatin dan peduli yang dirasakan seseorang ketika ia melihat, mendengar, atau mengetahui penderitaan/kesusahan orang lain.
            Ketika seseorang mengucapkan nama ARRAHMAN, jiwanya akan dipenuhi oleh rahmat dan kasih sayang Allah.
Saat itu rahmat dan kasih sayang akan keluar dalam bentuk sikap, perilaku, penampilan tindakan, dan perbuatan, bukankah jika seseorang sedang di rundung kesedihan dan kesakitan dianggap hal yang buruk?

 Imam Ghozaly R.A mengatakan :
Buah dari menyebut asma ARRAHMAN pada aktifitas seseorang adalah: Allah akan memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang lengah (lalai) dan ini mengantar mereka dari jalan yang melalaikan dirinya kepada Allah menuju jalan yang membuatnya ingat kepada Allah SWT.
           
            Diantara zikir, do’a dan wirid yang dapat digunakan untuk melebur diri dalam nama dan sifat ARRAHMAN-Nya adalah

  1. berzikir dengan afadz ARRAHMAN dengan jumlah yang tidak terbatas sebagai upaya meneladani sifat Allah.
  2. berdo’a dengan menggunakan lafadz ARRAHMAN.
  3. membaca asma’ ARRAHMAN sebanya 330 X setiap selesai shalat fardhu maupun shalat sunnah dengan istiqomah maka Allah akan melimpahkan kasih-nya,dirinya akan terbebas dari segala kesusahan hidupdi dunia akhirat serta isinya akan berkhidmat kepada-nya. Asma’ ARRAHMAN juga mengembangkan sifat saing kasih mengasihi di antara sesame makhluk Allah SWT.
 Demikian buletin kami saat ini.

Komentar

  1. Alhamdulillah, syukur bukan hanya dengan lisan, tapi pula dg amal.

    BalasHapus

Posting Komentar